Wasiat Rasululloh Kepada Ibnu Abbas

Ibnu Abbas adalah saudara misan Nabi Muhammad Saw. Di usia yang masih muda belia beliau sudah mempunyai kecerdasan yang luar biasa.

Wasiat Nabi Muhammad Saw. yang disampaikan kepada Ibnu Abbas antara lain sebagai berikut: Diriwayatkan dari at-Tirmidzi, dari Ibnu Abbas, beliau berkata: “Aku berjalan di belakang Nabi Saw., kemudian Nabi Saw. berkata, “Kemarilah wahai Ibnu Abbas, ikutilah saya”. Setelah kami berjalan cukup lama tiba-tiba Nabi Saw. berwasiat kepadaku. Beliau berkata, “Wahai anakku, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa pelajaran. Pertama, jagalah olehmu segala perintah-perintah Allah Swt.”

Kemudian kata Nabi Saw. Selanjutnya, “Jika kamu menjaga segala perintah dan larangan Allah, niscaya Allah akan menjaga kamu.”


Kemudian Rasulullah berkata lagi kepada Ibnu Abbas. “Kedua, peliharalah perintah-perintah Allah dan jauhilah larangan-larangan-Nya dengan tulus maka akan kamu jumpai Allah Swt. di depanmu.”

Wasiat Nabi Saw. pada Ibnu Abbas yang ketiga: “Apabila kamu meminta sesuatu, maka mintalah kepada Allah Swt. dan jangan sekali-kali kamu minta pada yang lain.”


Wasiat Nabi berikutnya ialah, “Keempat, apabila engkau memohon dan mencari pertolongan, maka hendaklah kamu mencari pertolongan dan bantuan hanya kepada Allah Swt.”


 Nasihat kelima: “Ketahuilah! Sekiranya semua orang bersatu padu dan berkumpul untuk memberikan manfaat kepada kamu, maka tidak akan memberikan manfaat semua itu kecuali yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.” Lanjut Nabi Saw, “Apapun terjadi karena izin Allah Swt.”

Nasihat keenam: “Demikian juga sebaliknya, jika semua orang bersatu-padu dan saling menolong untuk memberikan bahaya pada kamu, maka mereka tidak akan memberikan bahaya apapun kecuali atas izin Allah Swt.”

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Nabi juga berwasiat kepada Ibnu Abbas: “Kamu akan jumpai Allah di depan, maka kenalilah Allah pada saat kamu dalam suasana bahagia. Jika kamu selalu ingat pada Allah di saat kamu bahagia, maka Allah pun akan mengingat kamu pada waktu kamu susah. Ketahuilah! Bahwa sesuatu yang sudah luput dari kamu tidak akan menimpa kamu.”

Nabi menambahkan, “Dan apa yang akan menimpa kamu tidak akan bisa kamu hindari. Dan ketahuilah! Sesungguhnya kemenangan itu bersama kesabaran”.

Demikianlah wasiat-wasiat Nabi Muhammad Saw. kepada Ibnu Abbas. Semoga dapat kita ambil manfaat dan hikmahnya. Amin.



Dengan Meng-Klik Salah Satu Iklan di bawah ini, Anda telah menyumbang untuk keberlangsungan BLOG ini,..^_^ Terima Kasih

Comments

Popular posts from this blog

PUCUNG: (Cuplikan Serat Wedhatama)

Doa Faraj Nabi Khidir AS

Sayyid As Syaikh ‘Abdul Khaliq al-Ghujdawani